Saturday, November 23, 2019

Apa yang kamu lakukan di waktu luang? Berikut Tips memanfaatkan waktu luang.

Related image

Bagaimana Anda mengisi waktu ketika sedang tidak bekerja? Tahukah Anda bahwa produktif atau tidaknya seseorang dipengaruhi oleh penggunaan waktu senggangnya?a

Waktu bebas atau waktu luang (free time) adalah waktu dimana kita bisa melakukan hal yang kita suka,biasanya merujuk pada kegiatan santai. Contohnya meditasi, kegiatan relaksasi yang menyehatkan tubuh. Melakukan apa yang menjadi kesukaan Anda di waktu bebas merupakan hal yang produkif dan memiliki hasil yang tersendiri. Hal ini akan meningkatkan kreativitas, menginspirasi, dan mendorong Anda untuk melakukan hal yang lebih hebat.

Pada akhirnya, seringkali orang menghabiskan waktu senggang untuk hal yang tidak berguna dan menyia-nyiakan waktu. Padahal, waktu senggang juga bisa diisi dengan kegiatan yang produktif dan bahkan menyenangkan. Berikut beberapa tips kegiatan produktif yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu senggang, dikutip dari Lifehack.org.

Maka, manfaatkan lah waktu luang kamu dengan melakukan hal postif dan bisa menyegarkan pikiran kamu.

1. Quality time dengan keluarga atau teman dekat kamu. 

Terkadang waktu yang telah banyak kamu habiskan dengan sibuk berkegiatan sampai lupa menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang terdekat kamu. Sebaiknya di saat waktu luang kamu memanfaatkan waktu itu dengan mereka.

2. Melakukan perjalanan

Lakukan lah perjalanan yang mana bisa merelax kan keadaan kamu serta pikiran kamu. Melakukan perjalanan bisa membuat kamu terhindar dari rasa stress setelah beberapa hari kamu di sibukkan dengan kegiatan yang cukup menguras energ. 

3. Sibukan diri dengan hobi

Jika kamu memiliki hobi seperti olahraga, kamu bisa menghabiskan waktu untuk berolahraga seperti berlari santai, badminton atau lainnya. Jika kamu hobi kamu memasak kamu bisa bereksperimen membuat menu baru seperti membuat masakan atau bahkan kue. Apapun hobi kamu coba lakukan hal yang baru dan mencoba menyibukkan diri dengan hobi itu.

4. Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan suaru kegiatan yang menyibukkan kamu dengan orang banyak. Namun, bersosialisasi disini adalah bukan malah membuat kamu tambah pusing tapi adalah membuat kamu merasa bahagia. Yaitu, saya sarankan kepada kamu coba mengunjungi rumah panti asuhana atau yatim piatu gitu untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka, atau kamu bisa bersedekah untuk mereka ataupun menghibur mereka. Selain kamu bisa memanfaatkan waktu luang kamu juga mendapatkan pahala atas kebaikan kamu.

5. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Setelah kegiatan yang padat menyebabkan kamu lelah melihat keramaian maka cobalah luangkan waktu sendiri, bersantai lah dan lakukan hal yang ingin kamu lakukan. Coba nikmati kesendirian kamu tapi tetap dengan melakukan hal yang bermanfaat.

So, waktu luang adalah waktu yang beharga untuk kita manfaatkan, makan jangan sampai menyiakannya.








No comments:

Post a Comment

Using Audacity to Combine two sound. (English Material)

Audacity is a software for recording and editing audio that is open source so that it can run on various operating systems and is eas...